Telusuri Lainnya

Prodi Hukum Bentuk Komunitas Peradilan Semu

Dok. Law.umrah.ac.id
Dompak - Program Studi Ilmu Hukum melalui Dosen Hukum Pidana resmi membentuk Komunitas Peradilan Semu, Kamis (26/4). Peresmian itu dilakukan dalam sebuah pertemuan bersama yang melibatkan mahasiswa.  Setidaknya terdapat 20 mahasiswa turut andil dalam pembentukan sore tadi.

Untuk diketahui bahwa sebelumnya telah dilakukan perekrutan secara terbuka sejak Bulan Februari. Data terakhir yang didapat, mahasiswa yang mendaftar sekitar 40 orang. Kebanyakan mahasiswa yang antusias dengan komunitas ini berasal dari semester dua dan empat.

Dikatakan oleh Plt. Kepala Departemen Hukum Pidana Ayu Efritadewi, S.H., M.H bahwa tujuannya agar mahasiswa lebih dekat dengan praktik peradilan itu sendiri. Tidak sekedar memahami secara teoritik.

Selain itu juga memberikan nilai tambah untuk kemajuan Prodi. Meski terbilang Prodi baru tetapi dalam segi apapun harus mampu bersaing. Tentunya dalam hal prestasi.

"Kita harapkan dengan adanya komunitas ini, mahasiswa tau bagaimana proses peradilan dan kalau ada perlombaan, kita bisa ikut serta. Nantinya untuk nama baik dan kualitas Prodi juga", ungkap beliau saat membuka pertemuan.

Menurut pembina lainya, Heni Widiyani, S.H., M.H, Peradilan Semu yang dibuat harus mencerminkan visi dan basis dari Universitas Maritim Raja Ali Haji, yaitu kemaritiman.

"Kita lebih spesifik peradilan perikanan agar sesuai dengan corak universitas. Harus beda dengan yang lain. Kita punya ciri sendiri", tutur beliau.

Dari hasil pembentukan itu terpilih mahasiswa semester IV, Herlambang Bintan sebagai Ketua Peradilan Semu 2018-2019. Dia akan membahawi beberapa divisi, di antaranya Divisi Kajian, KSDM, Jarkom dan Arsip, serta Kompetisi, yang mana memiliki peran dan fungsi berbeda-beda.

Ke depan, dalam setiap pertemuan akan dibahas berbagai materi. Meskipun akan lebih mendalami materi perkara perikanan. Pemberian materi itu disesuaikan dengan modul yang dibuat Dosen Hukum Pidana, Hendri, S.H., M.H yang saat ini tengah melanjutkan pendidikan Doktor.***(PIDH Rebate)

3 komentar:

  1. Terimakasih buat rebate atas dukungan nya, mari kita bersama sama memajukan nama UMRAH menjadi Universitas Negeri yang berprestasi!

    BalasHapus