Telusuri Lainnya

(PDF) Buku Hukum Lingkungan Lengkap Ditulis Oleh Dosen dari 6 Fakultas Hukum Negeri di Indonesia

Deskripsi
Buku Hukum Lingkungan ini termasuk seri paling lengkap dari beberapa literatur yang ada karena menggabungkan tiga komponen utama pengajaran Hukum Lingkungan yakni: (i) teori, (ii) kajian undang-undang dan regulasinya, dan (iii) analisis kasus hukum lingkungan yang pernah diputus di Indonesia dan belahan negara lain.
Buku ini juga didesain secara khusus dengan harapan bahwa pembaca buku ini dapat melihat penerapan suatu teori dan norma peraturan perundang-undangan secara utuh sehingga dapat melihat dan menilai apakah pengadilan di Indonesia telah konsisten dalam menginterpretasikan teori dan rumusan pasal-pasal yang terdapat dalam peraturan perundang-undangan Hukum Lingkungan di Indonesia. Oleh karena itu, pembahasan mengenai kasus-kasus lingkungan yang ada dalam buku ini menggunakan “IRAC system” yang disusun berdasarkan: "issue-rules-analysis-conclusion" (IRAC) atau dalam bahasa Indonesia disusun berdasarkan “isu-aturan-analisis-kesimpulan”. Hal ini penting untuk dilakukan agar pembaca bisa melihat secara nyata dan jelas apakah suatu putusan pengadilan dapat dikatakan baik atau tidak dalam menerapkan teori dan norma-norma hukum yang terdapat dalam peraturan perundang-undangan lingkungan dan sumber daya alam di Indonesia.
Keunikan buku ini juga dapat dilihat dari para penulisnya karena buku ini merupakan hasil kolaborasi dari dosen-dosen Hukum Lingkungan yang berasal dari enam Fakultas Hukum negeri di Indonesia yakni: (i) Universitas Hasanuddin, (ii) Universitas Indonesia, (iii) Universitas Gadjah Mada, (iv) Universitas Airlangga, (v) Universitas Udayana, dan (vi) Universitas Sriwijaya. Di samping itu, komposisi penulisnya pun sangat beragam karena terdiri atas gabungan pengajar senior dan yunior sehingga isinya merupakan pemikiran dinamik dari penulis yang berbeda latar belakang.
Untuk mempermudah pembaca, buku ini dibagi ke dalam 10 (sepuluh) bab dan setiap bab membahas topik tertentu yang berkaitan dengan lingkungan. Pembahasan dalam setiap bab, selain dilengkapi dengan teori dan dasar hukum berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia dan di negara lain, juga disertai dengan contoh kasus yang sudah menjadi putusan pengadilan atau tribunal. 
Bab Satu buku ini merupakan pendahuluan yang memaparkan latar belakang pentingnya perlindungan lingkungan. Bab Dua, penjelaskan tentang perkembangan hukum lingkungan global/internasional yang diawali dengan sejumlah malapetaka lingkungan yang kemudian diikuti dengan pengaturan hukum yang bersifat khusus dan sektoral. Bab Tiga membicarakan secara khusus hubungan antara hak-asasi manusia (human rights) dan perkembangan hukum lingkungan di dunia dan di Indonesia. Bab Empat membicarakan secara khusus instrumen hukum nasional yang menyangkut perencanaan, dokumen perizinan yang diperlukan serta sistem kelembagaan nasional untuk menjalankan hukum lingkungan nasional Indonesia. Bab Lima menjelaskan instrumen-instrumen yang terdapat dalam hukum lingkungan nasional yang bersifat instrument ekonomi dan instrument sukarela. 
Selanjutnya, Bab Enam membicarakan secara khusus pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan. Bab Tujuh melengkapi bab sebelumnya dengan mendiskusikan aspek penegakan hukum administrasi dan pidana lingkungan. Bab Delapan, membahas aspek ganti rugi atas kerugian yang diakibatkan oleh pencemaran dan kerusakan lingkungan. Bab Sembilan, membahas secara khusus kebijakan sektoral lingkungan dan sumber daya alam (SDA) yang memiliki keterkaitan langsung dengan perlindungan dan pelestarian lingkungan hidup. Akhirnya, Bab Sepuluh membahas soal pentingnya kearifan lokal dalam pengelolaan lingkungan hidup di Indonesia karena banyak sekali kearifan lokal yang masih hidup di masyarakat yang nilai-nilainya masih relevan dipakai pada zaman sekarang.

Untuk download bukunya silahkan klik di sini!

Ditulis oleh Departemen Pusat Informasi dan Dokumentasi Hukum, Research and Debate, Universitas Maritim Raja Ali Haji

1 komentar:

  1. T3rimah kasih pak;
    Teorinya sangat membantu saya untuk memahami teori lingkungan
    Pak Tuhan memberkati selalu
    Amin;

    BalasHapus